Thursday, February 27, 2014

BUTUH EFFORT YANG LUAR BIASA UNTUK MENAIKKAN KOPERASI INDONESIA

Effort atau usaha yang luar biasa dalam peningkatan kualitas koperasi di negeri ini ketika melihat bagaimana kondisi koperasi saat ini. Hidup segan, mati tidak mau. Inilah cerminan koperasi yang dulunya digadang-gadang untuk bisa menjadi soko guru dalam perekonomian bangsa saat ini dan yang akan datang. Prinsip koperasi diyakini akan dapat meningkatkan kesejahteraan seluruh bangsa ini dari keterpurukan.

Nyatanya memang seperti itu. Sistem ekonomi yang dianut saat ini belum mampu berkontribusi kepada peningkatan ekonomi yang menyeluruh di negeri ini. Yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin karena sistem yang dianut oleh bangsa ini sangat kurang mendukung terhadap penciptaan kesejahteraan bagi setiap warga negara seperti yang sudah ditargetkan oleh Undang-Undang dasar 1945.

Effort yang dibutuhkan berhubungan dengan berbagai aspek, baik internal maupun eksternal dari koperasi itu sendiri. Yang paling penting adalah diri para entrepreneur yang benar-benar berkomitmen untuk mengembangkan koperasi sebagai salah satu soko guru ekonomi bangsa.

Faktor eksternal koperasi itu terdiri dari kondisi politik yang berhubungan dengan pemerintah sebagai regulator dalam perekonomian bangsa. Dukungan politik yang berbentu undang-undang dan peraturan serta dukungan fasilitas serta keuangan menjadi kunci keberhasilan koperasi di negeri ini. faktor eksternal lainnya adalah berhubungan dengan kondisi ekonomi, sosial budaya dan teknologi yang relevan dengan bisnis koperasi itu sendiri.

Faktor eksternal konsumen, pesaing, supplier dan distribution channel dari produk-proiduk yang dihasilkan oleh koperasi juga berpengaruh sehingga akan menjadi peluang ataupun ancaman dalam setiap kegiatan bisnis para entrepeneur. jelas inipenting untuk dipahami dan diantisipasi oleh para stakholder yang berkepentingan dengan koperasi saat ini dan yang akan datang.

Adapun faktor internal berhubungan dengan kondisi keuangan, pemasarna, internal business process serta sumber daya manusia yang mengelola koperasi itu sendiri. yang paling penting adalah sumber daya manusia yang menjadi pelaku utama dalam koperasi yang perlu ditingktkan knowledge, skill dan attitude mereka. Inilah yang harus menjadi perhatian setiap orang yang berkepentingan dengan koperasi di negeri ini. 

No comments:

Post a Comment