Tuesday, February 4, 2014

MANFAATKAN DUKUNGAN PEMERINTAH BAGI KOPERASI DI INDONESIA

Ada satu hal yang sangat penting yang saya dapatkan dari materi yang disampaikan di acara I Love business goes to Purwakarta pada hari Senin, 3 Februari 2013 kemaren. Kebetulan yang menjadi salah satu narasumbernya adalah Bapak Zaenal Arifin, sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta. Menarik sekali apa yang beliau sampaikan dan bahkan hal ini perlu menjadi perhatian setiap kalangan yang berhubungan dengan koperasi.
                Beliau menyatakan bahwa saat ini, pemerintah sangat concern dengan pengembangan koperasi sebagai salah satu pilar perekonomian bangsa, apalagi bagi pengembangan entrepreneur yang ada di negara ini. Koperasi bisa menjadi salah satu sumber penggerak entrepreneur dalam bisnis mereka. oleh karena itu, pemerintah sudah menyediakan support bagi pengembangan koperasi di negara ini. Saatnya pelaku bisnis dan penggiat koperasi bisa memanfaatkan dukungan ini.
                Inilah yang menjadi poin yang didapatkan dari diskusi tadi malam. Kalau melihat kondisi entrepreneur diberbagai daerah saat ini, jelas, mereka membutuhkan support dalam bisnis, khususnya permasalahan keuangan dan juga pemasaran. Koperasi bisa memnfasilitasi permasalahan ini dengan tujuan dapat membantu anggotanya, yang notabene adalah entrepreneur. Jelas akan bermanfaat untuk jangka pendek dan jangka panjang.
                Oleh karena itu, entrepreneur perlu memperhatikan potensi yang ada dalam setiap koperasi agar bisa dimanfaat untuk mengembangkan bisnis mereka. Apalagi kalau entrepreneur berasal dari kampus dan mau mendalami koperasi. Pembuatan koperasi menjadi penting agar bisa memberikan manfaat buat entrepreneur dan masyarakat banyak.
                Tentu kalau yang turun tangan mengembangkan koperasi ini adalah mahasiswa, warnya juga akan berbeda karena mereka sudah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan tentang bisnis yang relevan dengan koperasi itu sendir. Mari kita manfaatkan koperasi sebagai bagian dari ekonomi bangsa ini. 

No comments:

Post a Comment