Tuesday, March 4, 2014

KOMITMEN UNTUK MENGEMBANGKAN KOPERASI

Pengalaman tiga tahun yang lalu di salah satu koperasi di Pangalengan Kabupaten Bandung menunjukkan bahwa yang paling dibutuhkan oleh para pengurus koperasi adalah komitmen untuk mengembangkan koperasi. Komitmen menjadi penting ketika bisnis atau kegiatan usaha yang dijalankanoleh koperasi menjadi penting. Terlepas dari seluruh aktivitas yang berhubungan dengan koperasi, komitmen inilah yang menjadi faktor kunci bagi para pengelola koperasi.



Pernah mengalami sesuatu yang tidak mengenakkan ketika ada satu program yang sudah dirancang dengan baik,akan tetapi tidak menghasilkan secara optimal yang disebbkan oleh faktor yang tidak tampak yaitu komitmen. Ketika program sudah dirancang dengan baik dan seluruh sumber daya diarahkan untuk menjalankannya, menjadi buyar ketika ada salah satu dari pengurus yang tidak berkomitmen untuk menjalankannya.

Inilah yang membuat operasional koperasi menjadi terhenti. Jelas, para pemegang dana berkepentingan bagaimana dana yang mereka pinjamkan kepada koperasi menjadi aman dan tidak bermasalah. Inilah satu contoh betapa signifikannya komitmen dalam berkoperasi di negeri ini untuk membangun koperasi itu maju sebagai salah satu soko guru perekonomian bangsa ini. tidak dapat dipungkiri bahwa koperasi tidak maju.

Oleh karena itu, perlunya bagi setiap insan koperasi di negeri ini untuk berkomitmen memajukan koperasi yang lebih baik sehingga dapat dinikmati oleh anggota, pengurus dan bahkan masyarkat yag membuat semuanya senang. Sudah saatnya komitmen untukmembesarkan koperasi tersebut dimiliki oleh setiap orang.

caranya? jelas setiap orang yang terlibat dalam koperasi memiliki tujuan yang sama terlebih dahulu terhadpa apayang akan dikerjakan di koperasi tersebut. tujuan bersama akan menjadi bahan bakar untuk memberikan yang terbaik kepada koperasi sebagai institusi yang penting untuk dikembangkan dan bermanfaat bagi banyak orang.

Kedua, terus memberikan pelajaran kepada pengurus dan anggota koperasi tentang bagaimana menjalankan koperasi dengan sebaik mungkin. Perlu adanya pembelajaran terus menerus terhadap pihak yang menjalankan koperasi dengan sistematis dan berkelanjutan. Tidak cukup hanya dengan seremonial kepada mereka.


Ketiga, seluruh stakeholder perlu turun tangan dalam pengelolaan koperasi, temasuk pemerintah dan juga masyarakat, akademisi dan pebisnis itu sendiri. keterlibatan ini penting agar terjadi singergisitas antara pelaku yang ada di koperasi. 

No comments:

Post a Comment