Thursday, March 6, 2014

KOPERASI ITU PENTING BAGI ENTREPENEUR

Koperasi itu penting bagi para entrepreneur untuk mencapai kesukesan yang diharapkan yaitu usaha yang profitable, memberikan manfaat kepada masyarakat, adanya bisnis yang berkelanjutan (sustainability) serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang yaitu dari skala mikro ke kecil,kecil ke menengah dan menengah ke besar. Inilah yang harus menjadi perhatian setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka.

Salah satu pihak atau stakeholder yang memegan peranan dalam konteks ini adalah koperasi. Memang lembaga ini jarang sekali dibahas dalam kaitannya dengan koperasi, akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa semakin kesini, terasa entrepreneur membutuhkan organisasi yang tidak hanya berperan kepada pendanaan, akan tetapi juga pengalaman bersama dalam komunitas dan juga pasar bagi produk mereka.

Koperasi memiliki aspek-aspek tersebut dan bila dikelola dengan baik, akan memberikan dampak yang luar biasa bagi para entrepeneur. Koperasi pada dasarnya adalah wadah gotong royong yang dilakukan oleha para pelaku usaha dan dalam konteks ini, entrepreneur bisa menjadi pelaku yang terlibat langsung dalam koperasi ini.

Koperasi itu bisa memberikan kontribusi kepada pendanaan kepada entrepreneur yaitu bagaimana koperasi simpan pinjam yang dijalankan oleh para pengurus dan juga anggota koperasi. Pendanaan penting bagi setiap entrepreneur yaitu untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka saat ini dan yang akan datang.

sumber pendanaan ini adalah mereka sendiri dan dana dari anggota koperasi tersebut. Jelas, inilah yang menjadi benefit koperasi bagi para entrepreneur. Aspek lainnya adalah bagaimana koperasi itu bisa memberikan pembelajaran kepada anggotanya. Pembelajaran bagaimana berbisnis dan aspek keuangan, pemasaran, sumber daya manusia serta operasi bisa dilatih dan dikembangkan di koperasi tersebut. adanya unsur profesionalisme yang dituntut bagi setiap entrepreneur dalam pengelolaan bisnis mereka.


Yang terakhir adalah pasar yang menjadi target bisnis para entrepreneur. koperasi bisa menjalankan peran sebagai market produk mereka dan atau menjadi media untuk membuka pasar untuk produk-produk entrepreneur. pasar ini penting karena disitulah uang para entrepreneur. Pasar yang dibukan oleh koperasi akan berdampak positif kepada bisnis mereka. 

No comments:

Post a Comment