Wednesday, March 5, 2014

MENEKANKAN ASPEK BENEFIT DARI KOPERASI

leh Meriza Hendri @merizahendri

Inilah yang menjadi tantangan dari setiap stakeholder dalam pengembangan koperasi di negeri ini yaitu bagaimana memperkenalkan benefit dari koperasi kepada anak muda. Kenapa demikian? Perlu dipahami bahwa setiap konsep itu juga bisa dianggap sebagai sebuah produk yang ditawarkan kepada konsumen dan oleh karena itu, perlakukannya juga harus disamakan dengan produk lainnya yang memiliki value bagi konsumen.


Inilah yang kurang dipahami oleh banyak anak muda tentang koperasi karena benefit dari koperasi tersebut belum dipahami dengan baik. Apa itu koperasi dan manfaat apa yang didapat bila menjadi pengurus koperasi dan juga anggota koperasi. Benefit itu berhubungan dengan manfaat-manfaat y ang diterima ketika menjadi bagian dari koperasi itu sendiri dan apalagi bila dihubungkan dengan bisnis mereka.

Benefit yang diterima berhubungan dengan kualitas dari koperasi itu sendiri dimana perlu diperliahtkan bagaimana koperasi itu bisa dikelola dengan baik dan menjadi sebuah organisasi bisnis yang dapat memberikan cerminan bahwa koperasi itu layak menjadi salah satu alternatif lembaga keuangan non bank bagi para entrepeneur. jelas, mereka membutuhkan pemahaman akan benefit dari kualitas koperasi itu sendiri.

kedua adalah berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam koperasi tersebut. banyak pendidikan yang sudah berhubungan dengan koperasi dan ini menunjukkan kualitas dari setiap orang yang berhubungan dengan koperasi harus ditampilkan. Layanan dan knowledge, skill dan attitude mereka harus ditampilkan agar membuat anak muda bisa yakin akan pengelolaan koperasi oleh orang-orang yang profesional.

Ketiga adalah bagaiman membuat layanan yang terstandar di koperasi tersebut. tidaki berbeda dengan perusahaan besar lainnya, layanan juga menjadi penting bagi para anak muda di koperasi tersbut. Ada koperasi yang sudah bisa memberikan layanan prima bagi anggota maupun stakeholder lainnya dan membuat persepsi positif dibenak mereka. inilah tantangan yang harus dihadapi oleh pengelola koperasi untuk menunjukkan benefit kepada anak muda

Yang terakhir adalah bicara tentang image yang melekat pada koperasi tersebut. image berhubungan dengan bagaimana citra koperasi dibenak konsumen.  Image harus positif untuk bisa mencitrakan koperasi memang layak untuk dikembangkan dan mereka juga perlu ikut dalam pengembangan koperasi tersebut.


Inilah yang perlu diperhatikan untuk mengajak anak muda untuk terjun dan terlibat dalam koperasi di negeri ini. pembangunan koperasi membutuhkan komitmen yang luar biasa dari para stakeholder untuk membuat koperasi itu bisa besar dan melibatkan seluruh stakeholder yang ada. 

No comments:

Post a Comment