leh Meriza
Hendri @merizahendri
Inilah yang
menjadi tantangan dari setiap stakeholder dalam pengembangan koperasi di negeri
ini yaitu bagaimana memperkenalkan benefit dari koperasi kepada anak muda.
Kenapa demikian? Perlu dipahami bahwa setiap konsep itu juga bisa dianggap
sebagai sebuah produk yang ditawarkan kepada konsumen dan oleh karena itu,
perlakukannya juga harus disamakan dengan produk lainnya yang memiliki value
bagi konsumen.
Inilah yang
kurang dipahami oleh banyak anak muda tentang koperasi karena benefit dari
koperasi tersebut belum dipahami dengan baik. Apa itu koperasi dan manfaat apa
yang didapat bila menjadi pengurus koperasi dan juga anggota koperasi. Benefit
itu berhubungan dengan manfaat-manfaat y ang diterima ketika menjadi bagian
dari koperasi itu sendiri dan apalagi bila dihubungkan dengan bisnis mereka.
Benefit yang
diterima berhubungan dengan kualitas dari koperasi itu sendiri dimana perlu
diperliahtkan bagaimana koperasi itu bisa dikelola dengan baik dan menjadi
sebuah organisasi bisnis yang dapat memberikan cerminan bahwa koperasi itu
layak menjadi salah satu alternatif lembaga keuangan non bank bagi para
entrepeneur. jelas, mereka membutuhkan pemahaman akan benefit dari kualitas
koperasi itu sendiri.
kedua adalah
berhubungan dengan orang-orang yang terlibat dalam koperasi tersebut. banyak
pendidikan yang sudah berhubungan dengan koperasi dan ini menunjukkan kualitas
dari setiap orang yang berhubungan dengan koperasi harus ditampilkan. Layanan
dan knowledge, skill dan attitude mereka harus ditampilkan agar membuat anak
muda bisa yakin akan pengelolaan koperasi oleh orang-orang yang profesional.
Ketiga adalah
bagaiman membuat layanan yang terstandar di koperasi tersebut. tidaki berbeda
dengan perusahaan besar lainnya, layanan juga menjadi penting bagi para anak
muda di koperasi tersbut. Ada koperasi yang sudah bisa memberikan layanan prima
bagi anggota maupun stakeholder lainnya dan membuat persepsi positif dibenak
mereka. inilah tantangan yang harus dihadapi oleh pengelola koperasi untuk
menunjukkan benefit kepada anak muda
Yang terakhir
adalah bicara tentang image yang melekat pada koperasi tersebut. image
berhubungan dengan bagaimana citra koperasi dibenak konsumen. Image harus positif untuk bisa mencitrakan
koperasi memang layak untuk dikembangkan dan mereka juga perlu ikut dalam
pengembangan koperasi tersebut.
Inilah yang
perlu diperhatikan untuk mengajak anak muda untuk terjun dan terlibat dalam
koperasi di negeri ini. pembangunan koperasi membutuhkan komitmen yang luar
biasa dari para stakeholder untuk membuat koperasi itu bisa besar dan
melibatkan seluruh stakeholder yang ada.
No comments:
Post a Comment