Sunday, March 9, 2014

REGULASI PEMERINTAH PENTING UNTUK MENDORONG KOPERASI BAGI ANAK MUDA

Salah satu aspek yang penting bagi pengembangan koperasi bagi entrepreneur muda adalah aspek regulasi yang mendorong mereka untuk mengaktivasi koperasi bagi mereka. Pentingnya anak muda dilibatkan untuk mengembangkan koperasi adalah sudah menjadi suatu kebutuhan untuk pengembangan koperasi di negeri ini. Tidak akan bisa berkembang dengan baik bila koperasi itu tidak melibatkan anak muda.

Inilah pelajaran yang berharga dalam konteks koperasi. Anak muda harus dilibatkan agar bisa optimal dan bisa mencapai tujuan negara dan pemerintah untuk mengembangkan koperasi. Salah satu lembaga yang dapat digunakan oleh anak muda untuk mengembangkan bisnis mereka, baik dari konteks keuangan maupun konteks manajemen bisnis yang mereka dapatkan dari koperasi tersebut nantinya.

Untuk mendorong anak muda terlibat dalam koperasi, perlunya regulasi pemerintah yang dapat mengarahkan anak muda tersebut untuk terlibat dalam koperasi. Regulasi ini juga akan memberikan gambaran benefit yang didapat mereka ketika bisa aktif dan mengembangkan koperasi. Inilah poin utamanya bagi para anak muda.

Regulasi tersebut juga harus bisa memberikan gambaran tentang benefit koperasi bagi mereka sehingga mereka akan terdorong untuk aktif dalam koperasi. Sebagai contoh, masalah anak muda dalam bisnis adalah masalah keuangan dan bisakah koperasi menjembatani masalah ini? karena keuangan itu penting bagi mereka untuk bisa mengembangkan bisnis.

Kalau dilihat secara detail, jelas akan bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pinjaman dengan mengembangkan kopeasi simpan pinjam bagi anak muda yang berbisnis. Koperasi simpan pinjam ini akan menjadi jembatan mereka untuk mendapatkan dukungan danan untuk berbisnis. Alternatif sumber dana ini penting untuk bisa membuat bisnis mereka tumbuh dan berkembang saat ini dan yang akan datang.

Benefit lainnya yang bisa ditampilkan adalah bagaimana koperasi bisa membantu pengembangan pasar untuk produk-produk entrepreneur. pasar menjadi krusial bagi entrepreneur untuk bisnis mereka karena kelemahan entrepreneur adalah pasar. Berdasarkan pendapat dari Dinas KUMKM, banyak sekali fasilitas pameran, kunjungan bisnis dan lain-lain yang disedeiakan oleh pemerintah dan koperasi menjadi salah satu lembaga yang bisa mendapatkan fasilitas tersebut.

Entrepreneur muda bisa mendapatkannya dengan mengjadi anggota ataupun pengurus koperasi. Inilah yang menjadi nilai tambah bagi anak muda. Tentu benefit lainnya adalah pengembangan knowledge, skill dan attitude anak muda dalam bisnis juga akan semakin terasah. Banyak pelatihan, pendidikan bagi anggota dan pengurus yang diadakan oleh pemerintah dan koperasi itu sendiri. peluang ini bisa dimanfaatkan oleh anak muda.


Adanya regulasi dari pemerintah ini akan semakin mendorong anak muda untuk terlibat dalam koperasi dan membuat koperasi menjadi semakin lebih baik. 

No comments:

Post a Comment