Saturday, March 1, 2014

BERIKAN PERHATIAN PERHATIAN LEBIH KEPADA KOPERASI

Koperasi yang ada saat ini belum bisa menjawab tantangan permasalahan bisnis yang dihadapi oleh para entrepreneur agar bisa mencapai tujuan bisnis mereka yaitu profit, people, planet, sustainabiility serta tumbuh dan berkembang. Entrepreneur membutuhkan kontribusi langsung dari koperasi kepada mereka sehingga mereka bisa menerima apayang ditawarkan oleh koperasi itu sendiri. perlu menjadiperhatian para penggerak koperasi terhadap hal ini.

Kalau melihat konsep yang melekat pada setiap lembaga yang relevan dengan entrepreneur, sejauh mana kopeasi bisa memberikan value yang bermanfaat bagi setiap orang dalam koperasi yang berperan sebagai anggotanya. Penting untuk memberikan message kepada para entrepreneur untuk aktif dalam koperasi.

Value yang diharapkan adalah bagaimana koperasi dapat memberikan kontribusi kepada pencapaian tujuan entrepreneur khususnya dalam hal pendanaan atau financing dana yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis mereka. kekurangan dana untuk operasional perusahaan menjadi masalah yang seringkali dihadapi mereka.

Salah satu lembaga yang seirngkali memberikan bantuan kepada para entepreneur adalah perbankan yang memang menyasar pelaku usaha bersakal mikro. Mereka benar-benar menyasar kelompok entrepreneur ini dan tentu, tidak gampang untuk mendapatkan pinjaman. Ada 5 C yang harus diperhatikan yaitu character, capacity, condition, capital dan collateral.

Entrepreneur seringkali menghadapi kendala dalam pemenuhan syarat-syarat ini yang relevan dengan bisnis. Oleh karena itu, koperasi menjadi alternatif solusi bagi para entrepreneur untuk mendapatkan pendanaan (financing) yang memang menjadi kebutuhan entrepreneur. selain itu, jelas untuk memberikan coaching dan pembinaan kepada para entrepreneur.

Oleh karena itu, koperasi memang menjadi alternatif bagi sumber pendanaan dan penting untuk entrepreneur mendapatkan pendanaan dari mereka. Bagi stakeholder, jelas perlu mulai memberikan perhatian kepada koperasi dengan fokus pada pengembangan entrepreneur itu sendiri.


No comments:

Post a Comment